Benteng Martello Obyek Wisata Sejarah yang Sangat Unik di Pulau Kelor Jakarta

Benteng Martello Obyek Wisata Sejarah yang Sangat Unik di Pulau Kelor Jakarta

Benteng Martello Obyek Wisata Sejarah yang Sangat Unik di Pulau Kelor Jakarta – Pulau Kelor yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu Jakarta ternyata menyimpan sebuah obyek wisata sejarah sangat menarik berupa benteng. Bangunan yang sangat terkenal dengan sebutan Benteng Martello tersebut merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

High Jump Benteng Martello

High Jump Benteng Martello

Sebenarnya benteng ini ada tiga, dimana dua lainnya ada di Pulau Bidadari dan Pulau Onrust masih berada di kawasan yang sama. Tapi benteng yang dibangun di Pulau Kelor merupakan satu-satunya benteng yang masih berdiri utuh dan kokoh sampai saat ini. Sedangkan yang ada di pulau lainnya hanya tersisa bagian pondasinya saja.

Fungsi dan Keindahan Bangunannya

Pada zaman dulu, bangunan tersebut digunakan sebagai salah satu pusat pertahanan militer Belanda dalam menghadapi serangan Portugis. Pada abad XVII, kedua bangsa tersebut saling berebut untuk menguasai bumi nusantara. Tapi pada akhirnya Belanda berhasil keluar sebagai pemenangnya.

Benteng Martello Obyek Wisata Sejarah yang Sangat Unik di Pulau Kelor Jakarta

Benteng Martello Obyek Wisata Sejarah yang Sangat Unik di Pulau Kelor Jakarta

Dari kejauhan benteng ini terlihat sangat cantik karena didominasi warna merah kecoklatan. sangat kontras dengan birunya air laut dan pasir pantainya yang berwarna putih. Sedangkan disampingnya ada beberapa pohon berdaun lebat, selalu membuat pandangan mata jadi terasa lebih sejuk.

Ukuran bangunan utamanya sangat luas dan berbentuk bundar seperti lingkaran. Penggunaan desain lingkaran ini memang disengaja dan memiliki tujuan khusus, yaitu agar bisa menahan serangan musuh dari segala arah.

Selfie bersama di Benteng Martello

Selfie bersama di Benteng Martello

Saat masih digunakan oleh pemerintahan Belanda, disekeliling benteng ini terdapat dinding-dinding tembok ukuran besar. Tapi karena adanya abrasi pantai dan letusan gunung Krakatau, sebagian besar dari dinding-dinding tersebut sudah runtuh.

Salah satu keistimewaan yang terdapat di Benteng Martello adalah batu bata yang menjadi material utama pembuatannya sangat kuat dan tahan terhadap tembakan meriam. Batu bata ini merupakan batu bata asli buatan Tangerang.


Menjadi Penjara

Selain dijadikan basis pertahanan militer benteng tersebut juga sering dipakai sebagai penjara bagi para tahanan politik. Termasuk juga kaum pribumi yang sebelumnya pernah melakukan perlawanaan terhadap pemerintah kolonial. Sebagian besar para tahanan tersebut meninggal dan dikuburkan di benteng ini.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila di beberapa tempat sering dijumpai gundukan tanah. Konon jika gundukan tersebut digali, maka didalamnya pasti akan ditemukan tengkorak atau tulang belulang manusia.

Selain itu menurut cerita yang beredar, ada sebagian jenazah tahanan yang dimasukan dalam tanah begitu saja. Jadi setiap kaki melangkah, ada kemungkinan kaki menginjak tulang mayat yang usianya sudah ratusan tahun.

Benteng Martello

Benteng Martello

Binatang Kucing

Sisi lain yang sering membuat wisatawan merasa heran saat berkunjung di obyek ini adalah keberadaan ratusan hewan kucing yang hidup di dalam dan sekitar benteng. Padahal pulau ini tidak ada penghuninya sama sekali. Banyak yang mengkaitan kucing-kucing tersebut dengan hal-hal yang berbau mistik dan ghaib.

Tapi di luar itu semua, yang pasti adalah bangunan ini merupakan sebuah artefak yang harus selalu dijaga kelestariannya. Sebab bagaimanapun juga keberadaan Benteng Martello tersebut punya hubungan yang sangat kuat terhadap perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

 Kunjungi juga artikel lain nya yang berhubungan click link dan photo dibawah ini
~> Pulau Kelor <~

Keindahan Pulau Kelor dan Obyek Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi

Keindahan Pulau Kelor dan Obyek Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: