Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Yuk ikutan Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak, Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Kalimantan Barat, khususnya Pontianak. Kota yang satu ini dikenal karena garis katulistiwa yang membentang sehingga menjadi saah satu kota yang dilalui oleh garis imajinasi yang membagi bumi menjadi dua bagian. Sebagai kota Khatulistiwa, Pontianak maka mengukuhkannya dengan sebuah tugu yang berada di tepat di mana garis tengah bumi tersebut melintang. Nah, selain keunikannya itu, Anda juga bisa melihat keunikan lainnya di kota yang satu ini.

Keunikan tersebut adalah dengan banyaknya objek wisata di Pontianak yang bisa membawa pengunjung untuk berburu sejarah, nuansa religi, sampai bersantai di alam bebas yang masih sangat asri dan indah. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang bisa mencerahkan hati, pikiran, dan perasaan Anda dengan berkunjung ke sana:

Keraton Kadriah

Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Keraton yang satu ini dibangun pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie sebagai sultan pertama Kesultanan Pontianak. Keraton Kadriah memiliki bangunan unik yang didominasi oleh warna kuning, dengan bangunan terbuat dari bahan kayu belian, yaitu kayu yang terdapat di Kalimantan dan dikenal sebagai kayu besi karena kekuatannya.

Di halaman keraton yang terletak di Jalan Tritura Pontianak ini, Anda bisa menemukan meriam kuno peninggalan Jepang sekaligus Portugis. Sementara itu, Anda juga bisa menemukan singgasana sultan dan permaisuri di bagian dalam, lengkap bersama dengan foto-foto mereka, pakaian sultan, dan seluruh barang kepunyaan sultan. Nah, koleksi unik kepunyaan sultan yang paling banyak dituju adalah Al Quran yang ditulis sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

Makam Kesultanan Batulayang

Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Berburu Sejarah dan Nuansa Religi di Pontianak

Objek wisata di Pontianak selanjutnya adalah Makam Kesultanan Batulayang yang merupakan kompleks pemakaman tujuh sultan Pontianak bersama keluarganya yang lain. Makam utama di sini adalah makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang ditempatkan di ruangan tengah kompleks dengan bentuk menyerupai bunker kecil. Para pengunjung harus merunduk saat masuk karena pintu masuk memang sengaja dibuat rendah agar para pengunjung memberikan penghormaran pada sultan dengan cara merunduk seperti itu.

Sementara itu, terdapat gundukan batu berwarna hijau yang terletak di luar kompleks sebagai batulayang. Masuk ke sini tidak dipungut biaya asalkan pengunjung tetap menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan makam. Tempatnya berada sekitar 2 kilometer dari arah Tugu Khatulistiwa.

Masjid Jami Pontianak

mesjid-jami

Kota Pontianak sepertinya tidak akan habis memberikan kepuasan berwisata religi dan sejarah. Objek wisata lainnya yang menanti setelah Keraton Kadriah dan Makam Batulayang adalah Masjid Jami Pontiakak yang dikenal juga dengan sebutan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Masjid inilah yang menjadi saksi asal muasal Kota Pontianak berdiri. Keunikan masjid ini terletak pada bangunannya yang memiliki empat tingkat dengan empat pilar utama yang dibangun menggunakan kayu belian. Masjid besar tersebut dapat menampung orang sebanyak 1500 jamaah dengan arsitektur bergaya rumah adat.

Tugu Khatulistiwa

tungu-kathulistiwa

Belum lengkap berlibur ke objek wisata di Pontianak kalau belum ke Tugu Khatulistiwa. Tugu ini terdiri atas empat pilar kayu belian dengan dua di bagian depan dan sisanya di bagian belakang. Terdapat tulisan “Evenaar” di antara dua pilar belakang. Dengan mengunjungi tugu ini, maka pengunjung akan mengetahui lebih jelas mengenai garis imajinasi bumi. Selain itu, di dalamnya juga terdapat beberapa toko souvenir yang menjual aneka oleh-oleh khas Pontianak. Untuk masuk ke sini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Kecuali jika ingin memperoleh sertifikat kunjungan, maka dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: