Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Candi Prambanan terletak di Yogyakarta, Tepatnya di lingkungan Taman Wisata Prambanan, Kurang lebih 17 Km ke arah Desa Prambanan di kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya 100 m dari jalan raya Yogya – Solo, Sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Sebagian dari kawasan wisata ini termasuk bagian dari kabupaten Sleman, sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten. Candi Prambanan merupakan candi Hindu Terbesar Di Indonesia.

Candi Prambanan adalah sebuah Candi Hidu yang berada di perbatasan antara 2 provinsi yakni di antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu yang terbesar di Indonesia dan juga se Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 47 Meter. Candi yang dilindungi oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai cagar budaya ini dibangun pada abad ke – 9 dan konon kepercayaan Candi Prambanan di buat untuk dipersembahkan untuk tiga dewa besar agama Hindu yaitu Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Dewa Syiwa sebagai dewa penghancur.

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Sangat kuat dugaan bahwa Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, merupakann seorang Raja Balitung Maha Sambu. Hal ini di dasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan yang disimpan di Museum Nasional Jakarta. Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Pemugaran Candi Prambanan memakan waktu yang sangat lama, seperti tak perna selesai. Penemuan kembali reruntuhan bangunan yang terbesar. Denah asli Candi Prambanan berbentuk Persegi panjang, Terdiri atas halaman luar dan tiga pelataranm Yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Halaman luar merupakan areal terbuka yang mengelilingi pelataran luar. pelataran luar berbentuk bujur Pelataran ini dahulu dikelilingi oleh pagar bebatuan yang kini sudah menjadi tinggal reruntuhan. Pelataran luar saat ini hanya merupakan pelataran kosong.

History Candi Prambanan

Setelah kurang lebih satu abad lamanya Tanah Jawa dikuasai oleh dinasti Syailendra yang beragama Buddha, Akhirnya kekuasaan mereka secara perlahan pudar setelah mengalami beberapa kekalahan besar. Dan Sejarah Candi Prambanan pun dimulai pada saat itu. Dinasti Sanjaya yang beragama Hindu secara perlahan dan pasti mulai kembali menguasai wilayah Jawa.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Untuk menyaingi Candi Borobudur yang merupakan Candi terbesar berada di Jawa dibangun oleh Dinasti Syailendra, Maka kemudian Dinasti Sanjaya membangun Sebuah Candi Hindu yang megah.

Candi Prambanan dimulai sekitar tahun 850 Masehi Candi Prambanan, pertama kali dibangun oleh Rakai Pikatan yang merupakan penguasa Dinasti SYailendra pada masa itu. Setelah Rakai Pikatan, Sejarah Candi Prambanan berlanjut dengan pembangunan besar-besaran yang dilakukan oleh Raja Lokapala dan dilanjutkan lagi oleh Balitung Maha Sambu yang merupakan penguasa kerajaan Mataram dari DInasti Sanjaya. Kemudian Pembangunan candi dilanjutkan oleh Raja Daksa dan Tulodong dengan membangun Candi Perwara yaitu candi-candi kecil yang jumlahnya sangat banyak bahkan mencapai ratusan.

Mari kita tonton video di bawah untuk info lengkap nya

sumber video dari youtube credit untuk Lee Claxton

Sekian info artikel kali ini semoga bermanfaat

Please Share this info

Thank You

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: