Cara muda mengelolah Keuangan Pribadi (Smart Management)

Cara muda mengelolah Keuangan Pribadi (Smart Management)

Cara muda mengelolah Keuangan Pribadi (Smart Management)

Cara muda mengelolah Keuangan Pribadi (Smart Management)

Cara muda mengelolah Keuangan Pribadi (Smart Management) : Uang harus di kelolah dengan cermat dan disiplin, tidak perduli seberapa besar penghasilan kita jika pengelolahan kita tidak benar maka krisis keuangan pribadi dapat saja terjadi. Uang memang bukan segalanya tapi pengelolahan yang benar adalah krusial.

Pengelolahan uang harus di lakukan dengan smart, jika tidak bisa maka keuangan anda akan kacau. Ikuti beberapa tips di bawah untuk mengelolah uang anda:

Jangan simpan uang di rumah

sebagian masyarakat masi berangapan menyimpan uang di rumah lebih aman ketimbang di simpan di bank atau tempat penyimpanan lainnya. Padahal menyimpan uang di rumah sangat tidak aman. Bencana alam dan kriminalitas tidak dapat kita hindari, ditambah lage keberadaan uang yang mudah kita jangkau sangat muda bagi kita untuk di belanjakan.

Jangan Memegang uang tunai berlebihan

Saat di ATM, ambil uang secukupnya. Tidak perlu mengambil uang tunai berlebih  jika anda dapat memperkirakan yang anda butuhkan. Uang tunai yang berlebih cenderung membuat kita menjadi lebih kunsumtif/boros. Hal ini akan memancing pengeluaran yang tidak diperlukan.

Investasi

Berapa pun jumlah penghasilan anda per bulan, sisihkan untuk berinvestasi. Hal ini bisa membantu anda mengelola keuangan untuk jangka panjang, Juga jangka pendek. Selalin bisa mengurangi jumlah uang yang di belanjakan. Investasi juga membantu menjaga nilai uang anda. Sebagai permulaan, tidak perlu berinvestasi dalam jumlah besar, anda bisa mencoba berinvestasi dengan bentuk polis asuransi, pendidikan, atau bahkan saham.

Belanjakan sesuai kebutuhan

Salah satu kunci utama dari mengatur uang, adalah mampu membatasi diri sendiri. Awal bulan setelah menerima gaji, anda sebaiknya membagi jatah untuk menabung, berinvestasi dan berbelanja. Usahakan untuk tidak menghabiskan jatah belanja di awal bulan, walaupun ada diskon besar di depan mata. Tahan nafsu berbelanja dan pikir lagi apakah anda bener-bener membutuhkan barang tersebut. Jika anda bukan tipe yang mampu membatasi diri sendiri, maka berikan jatah kecil untuk anda berbelanja setiap bulannya.

Buat catatan pengeluaran 

Memiliki catatan akan memberikan gambaran buat anda, Mengontrol diri karena mengetahui setiap pengeluaran yang tercatat atau tidak nya anda di bulan lalu. Hal ini memang sedikit merepotkan tapi jika sudah terbiasa hasil nya sangat positif untuk diri anda, sebaik nya di lakukan setiap malam sebelum tidur, catatan per hari pengeluaran, Jaman semakin cangih dengan adanya smartphone setiap struk belanja atau pengeluaran lain bon restorant bisa tinggal di photo.

Buat rekening bank berbeda

Tidak semua orang mau membuat banyak rekening di beberapa bank alasannya, mereka ingin menghindari biaya administrasi bulanan, Hindari hal ini untuk mencari bank yang bebas biaya bulanan. Buat setidaknya 3 rekening bank; rekening pertama untuk payroll Rekening kedua untuk belanja dan rekening ketiga untuk menabung/ berinvestasi. Sebaiknya, simpan kartu ATM di rumah untuk rekening ketiga agar anda tidak bisa curang dan mengambil uang dari sana.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

 

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: