Informasi mengenai Lawang Sewu

Informasi mengenai Lawang Sewu

Artikel mengenai wisata sejarah kali ini akan membagikan sedikit Informasi mengenai Lawang Sewu yang artinya Seribu Pintu, berlokasi di kota Semarang, Jawa tengah. Gedung yang dulu nya merupakan kantor dari Nederlands – Indische Spoorweg Maatschappij atau disebut juga NIS. Di bangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 terletak tepatnya di bundaran Tungu Muda yang dahulu nya di sebut Wilhelminaplein.

Informasi mengenai Lawang Sewu

Informasi mengenai Lawang Sewu

Masyarakat setempat menyebut nama bangunan bersejarah ini dengan sebutan Lawang Sewu karena terdapat banyak pintu. Meskipun kenyataannya jumlah pintu bangunan tersebut tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki pintu jendela yang lebar dan tinggi, sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai pintu (Lawang).

Bangunan kuno yang megah dan berlantai dua ini setelah kemerdekaan digunakan sebagai Kantor DJawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang ini disebut PT Kereta Api Indonesia. Bangunan ini juga perna dipakai sebagai kantor Prasarana komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Pada masa perjuangan bangunan ini memiliki riwayat catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsungnya peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober – 19 Oktober 1945)

Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu pemerintahan kota Semarang dengan surat keputusan Wali Kota Nomor 650/50/1992, Memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 Bangunan kuno atau bersejarah di kota Semarang yang wajib di lindungi.

Lawang Sewu dari depan

Lawang Sewu dari depan

Bangunan Lawang Sewu dibangun pada tanggal 27 Febuari 1904 dengan nama lain Het Hoofdkantor Van de Nederlands – Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS).  Awalnya kegiatan administrasi perkantoran di lakukan di Stasiun Semarang Gudang (Semarang NIS), Namun dengan berkembanganya jalur jaringan kereta yang sangat pesat, mengakibatkan bertambahnya personil teknis dan tenaga administrasi yang tidak sedikit di karenakan berkembangnya administrasi perkantoran.

Info tambahan mengenai Lawang Sewu

Tiket Price

Dewasa / Adult : Rp10.000

Anak-anak / Children : Rp5.000

Masuk Ruang bawah tanah / Explore Underground additional Fee : Rp30.000

Jam kerja / Open Hours

Dimulai dari  pukul 07.00 pagi – 21.00 Malam

Lokasi / Full address

Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Di sebelah Timur Tugu Muda Semarang, Tepatnya di pertemuan anatara Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Anda dapat menuju simpang lima, dan anda akan melewati gedung ini.

Lawang Sewu Location Google Map

Lawang Sewu Location Google Map

Sekian artikel kali ini tentang Informasi mengenai Lawang Sewu, Semoga bermanfaat

Please Share artikel ini, berbagi informasi itu indah
Thank you

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: