Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda! Kota Samarinda memang bukan Kota Yogyakarta ataupun Kota Bali yang sudah dikenal ke seluruh penjuru dunia karena keindahan alam dan budayanya. Namun, bukan berarti Anda tidak akan menemukan sesuatu saat berkunjung ke sini. Beberapa objek wisata justru membuat para wisatawan asing tertarik untuk datang ke ibukota Kalimantan Timur ini. Berikut ini adalah beberapa objek wisata di Kota Samarinda.

  1. Desa Budaya Pampang
Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Objek wisata yang satu ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi Anda pecinta seni dan budaya karena di sini, Anda dapat mengenal banyak hal tentang budaya Desa Budaya Pampang yang dihuni oleh orang Suku Dayak Kenyah ini. Di sini juga Anda dapat melihat pertunjukan budaya yang biasanya diadakan di gedung pertemuan khusus yang merupakan rumah adat Suku Dayak.

Pertunjukan ini dibuka pada jam 1 siang sampai jam 3 sore. Yang menarik dari Desa Budaya Pampang ini adalah masyarakatnya yang memakai pakaian adat ketika pertunjukan seni diselenggarakan. Para pengunjung yang ingin berbaur dengan masyarakat juga dapat menyewa pakaian adat dan berfoto di rumah adat suku Dayak.

  1. Telaga Permai Batu Besaung
Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Inilah yang Jadi Daya Tarik Kota Samarinda!

Objek wisata selanjutnya di Kota Samarinda adalah Telaga Permai Batu Besaung yang adalah kawasan yang digunakan sebagai tempat untuk berkemah ataupun melakukan petualangan alam. Keindahannya dapat dilihat dari tanah dengan ketinggian bervariasi sehingga sungainya akan terlihat seperti air terjun. Di sini Anda bisa melakukan kegiatan seperti bermain air atau berenang.

  1. Pulau Kumala

pulau-kumala

Objek wisata di Kota Samarinda lain yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Kumala. Pulau yang satu ini berasal dari pengendapan lumpur sungai dan merupakan pulau yang terletak di tengah-tengah Sungai Mahakam. Bentuk dari pulau ini adalah memanjang sehingga terlihat seperti perahu terbalik. Pulau Kumala juga disebut-sebut sebagai objek wisata yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah. Hal ini disebabkan oleh Pulau Kumala yang juga memberikan gambaran budaya Kalimantan terhadap para pengunjung, mulai dari bangunan adat, candi-candi, dan patung-patungnya.

Selain menemukan berbagai macam hal yang berbau budaya, para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas modern berupa sky tower setinggi 75 meter, kereta mini, kereta gantung, dan komedi putar. Untuk bisa sampai ke sini, Anda dapat menggunakan perahu motor atau menggunakan kereta gantung dari arah Tenggarong.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Objek wisata terkenal selanjutnya yang berada di Kota Samarinda adalah Taman Rekreasi Lembah Hijau. Di sini terdapat beberapa fasilitas berupa arena berkemah, kolam renang, tempat bermain anak, gazebo untuk bersantai bersama keluarga, tempat makan, kolam untuk memancing, dan replika hutan. Taman rekreasi ini juga sering dikunjungi oleh anak sekolah maupun karyawan yang akan melakkan gathering. Untuk masuk ke Taman Rekreasi Lembah Hijau, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Satu lagi daya tarik objek wisata yang ada di Kota Samarinda adalah Masjid Islamic Center. Masjid yang satu berada di daerah Kelurahan Teluk Lerong Ulu dengan bangunan yang berdiri sejak tahun 2001  sebagai salah satu objek wisata religi yang paling sering dikunjungi di Kota Samarinda. Arsitekturnya yang unik mengadopsi Hagia Sophia di Turki dengan memunculkan kubah besar yang bermotif. Keunikan lain dari masjid ini adalah tinggi menara yang mencapai 99 meter.

source video from youtube credit to William Khonggo

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: