Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Siapa yang tidak suka dan tidak mengetahui tentang kuliner mi? Rasanya semua orang sudah pasti mengetahuinya, bukan? Terlebih dengan mi instan yang penuh dengan rasa. Indonesia sebagai negara yang kaya akan banyak hal ternyata mempunyai ragam kuliner mi. Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas dengan negeri ini bisa kita temui di banyak lokasi.

Meski mi bukan menjadi kuliner asli Indonesia, namun rupanya mi juga sudah berhasil dipadukan dengan aroma tanah air. Bahkan beberapa resep kuliner ini sudah dijadikan sebagai resep turun temurun. Kuliner yang identik dengan negara Tiongkok dan Italia ini memiliki kekhasan dan rasa yang autentik, khas wilayah masing-masing di nusantara.

Bagi pemburu kuliner mi, rasanya wajib melakukan wisata kuliner mi yang khas Indonesia dengan menyimak ulasan ini.

Mi Kocok

Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Kuliner mi yang satu ini sangat familiar, khususnya di wilayah Jawa Barat. Mi kocok bisa kita temui di Bandung dan sekitarnya. Rasanya sangat menyegarkan, dengan kuah kaldu sapi yang bening, dipadukan dengan kulit kaki sapi yang tebal dan kenyal.

Mi yang digunakan adalah jenis mi kuning, yang ukurannya lebar. Penyajiannya cukup sederhana, yakni dengan paduan tauge dan juga sosin. Tidak lupa dengan taburan daun seledri membuat aroma kuahnya menjadi wangi.

Mia Aceh

Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Jelajah Indonesia dengan Berwisata Kuliner Mi yang Khas

Aceh sebagai provinsi paling barat Indonesia memiliki kuliner mi yang khas. Mi Aceh pun hadir dalam keragaman kuliner khas Indonesia. Mi yang digunakan jenis mi kuning, tapi berbeda dengan jenis mi kocok. Mi Aceh menggunakan jenis mi yang irisannya cukup tebal.

Penyajian mi Aceh dilengkapi dengan irisan seafood, seperti udang dan cumi, serta irisan daging sapi atau kambing. Tidak lupa dilengkapi juga dengan emping dan juga acar mentimun dan wortel. Yang paling menggugah selera adalah adanya tambahan kuah kari khas Aceh yang sarat dengan aneka rempah. Rasa rempahnya begitu kuat ketika suapan mi masuk ke mulut.

Mi Koclok

mi-koclok

Jangan salah menyebut kuliner mi yang satu ini karena meski namanya mirip dengan mi kocok, namun wujud serta rasanya jauh berbeda. Mi koclok menjadi kuliner mi yang khas di Cirebon. Dalam mi koclok ini kita akan menemukan kekhasan dari aroma ayam. Ya karena yang digunakan adalah daging ayam, baik untuk kaldu kuah ataupun untuk taburannya.

Mi koclok memiliki kuah yang berwarna putih dan kental dari maizena. Mi ini juga disajikan dengan aneka sayuran, seperti tauge dan kol yang diiris. Tidak ketinggalan daun bawang yang memberikan aroma harum alami. Rasa kuahnya begitu kuat, segar, dan juga gurih. Jika ke Cirebon maka mi koclok ini menjadi santapan wajib.

Mi Cakalang

mi-cakalang

Jika kita berlibur ke Manado maka kita harus berwisata kuliner mi yang menjadi rajanya mi di kota tersebut. Mi cakalang adalah kuliner mi yang dimaksud. Mi ini disajikan dengan kuah yang bening, dengan aroma hangat karena memakai merica.

Yang paling menawan dari kuliner mi cakalang ini adalah penggunaan daging ikan cakalang itu sendiri. ikan yang menjadi komoditi terbesar Manado ini disajikan dengan cara ditaburkan di atas mi. Gurihnya rasa ikan cakalang bisa menjadi penggugah selera. Mi cakalang ini sangat tepat jika disantap bersama sambal Lombok ijo ataupun merah. Jika ingin mencobanya, jangan lupa padukan dengan bubur Manado juga ya. Rasanya terasa begitu nikmat.

Kuliner mi yang bukan dari negeri ini bisa menjadi kuliner khas, ketika dipadukan dengan pelengkap khas Indonesia. Dengan berwisata kuliner mi maka kita akan mengenal seluk beluk kekayaan Indonesia dalam bidang mi. Selamat mencicipi.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: