Kenali Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta Lebih Dekat

Kenali Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta Lebih Dekat

Kenali Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta Lebih Dekat

Kenali Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta Lebih Dekat

Kenali Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta Lebih Dekat yang dikenal juga dengan sebutan Keraton Surakarta Hadiningrat atau Karaton Kasunanan merupakan warisan luhur budaya Jawa. Wujud warisan tersebut bisa ditemukan dalam bentuk fisik berupa bangunan Karaton juga benda-benda artefak di dalamnya, sekaligus yang mendarah daging seperti seni budaya, dan adat tata cara Karaton.

Keraton Surakarta didirikan oleh Raja Paku Buwono II pada tahun 1744, setelah istana Kartasura diporak-porandakan Geger Pecinan setahun sebelumnya.

Kasunanan surakarta palace

Kasunanan surakarta palace

Hingga kini, keturunan Kasunanan Surakarta yang dipimpin oleh Sri Sunan masih menjadikan wilayah keraton sebagai tempat tinggal. Selain itu, keraton juga tetap menjalankan tradisi kerajaan walau telah resmi menjadi bagian RI sejak zaman kemerdekaan.

Kraton Solo Surakarta

Kraton Solo Surakarta

Selain menjadi tempat tinggal, sebagian wilayah keraton juga dijadikan museum yang populer sebagai objek wisata kota di Surakarta. Di dalam museum terdapat galeri seni dan juga beragam koleksi barang milik kasunanan. Misalnya keris dan senjata kuno, benda-benda antik, juga beberapa kereta kusir. ini termasuk benda pemberian raja-raja Eropa, alat musik gamelan, dan juga replika benda pusaka kerajaan.

Panggung Sanggabuwono

Panggung Sanggabuwono

Benda bersejarah lainnya yaitu relief kuno, rangka batu, patung batu pualam, serta menara yang dinamakan Panggung Sanggabuwono. Menara ini terletak di halaman istana. Konon, menara Panggung Sanggabuwono digunakan sebagai tempat pertemuan bagi Raja dan penguasa laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Arsitektur

Dilihat dari segi bangunannya, arsitektur Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta memiliki desain tradisional Jawa yang sangat eksotis sekaligus kontemporer pada zamannya.

Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta

Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta

Berdasar sejarah, Keraton Surakarta dirancang oleh salah satu arsitek dari keluarga kerajaan bernama Pangeran Mangkubumi, yang kelak diberi gelar sebagai Sultan Hamengkubuwono I. Seperti diketahui, Sultan Hamengkubowono merupakan perancang utama Keraton Yogyakarta.

sejak tahun 1744

sejak tahun 1744

Karenanya, tak heran jika teknik dasar penataan ruang kedua keraton tersebut mempunyai banyak kesamaan. Keraton Surakarta dalam proses pembangunannya dalam setahun sejak tahun 1744 dilakukan secara bertahap dengan bertumpu pada dasar tata ruang hingga tampak megah seperti sekarang.

Meski begitu, bukan berarti keraton tidak pernah direnovasi. Restorasi terbesar dilakukan oleh Sunan Pakubuwono X yang bertahta di akhir abad ke-18. Warna keraton didominasi nuansa putih dan biru, serta gaya arsitektur Jawanyanya dikolaborasikan dengan gaya Eropa.

Kunjungi juga artikel lain yang berhubungan dengan jejak purba di Kota Surakarta. Klik photo di bawah ini

 

 

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: