Kenapa Harus Mencicipi 3 Makanan khas Bali Ini?

Kenapa Harus Mencicipi 3 Makanan khas Bali Ini?

Hotel Kartika Plaza, Kuta Bali

Hotel Kartika Plaza, Kuta Bali

Jika berbicara mengenai Bali, rasanya tidak akan ada kata indah yang sangat tepat menggambarkannya. Bali mempunyai segalanya, baik itu alamnya yang eksotis, sampai dengan kulinernya yang mencerminkan sisi tradisional. Berbicara mengenai kuliner itu sendiri, tentunya tidak akan lepas dari kuliner yang khas dan autentik. Ada sejumlah makanan khas Bali yang wajib kita santap ketika bertandang ke Pulau Dewata tersebut.

Di Bali sendiri memang ada cukup banyak jenis kuliner, termasuk yang modern. Namun untuk mencicip kuliner khas di Bali, memang harus mencicipi 3 jenis kuliner ini. Apa saja sih?

Nasi Jinggo yang Tidak Pernah Buat Kenyang

Pernah ke Bali? Apa pernah makan nasi jinggo? Jika belum maka saatnya untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Nasi jinggo tidak berbeda jauh dengan nasi kucing khas Yogyakarta. Porsinya sama-sama kecil sehingga kita tidak akan merasa kenyang, dan akhirnya akan terus menambah sampai terasa kenyang.

nasi jinggo bali

Jinggo rice, Bali

Nasi jinggo ini sudah menjadi ikon Pulau Dewata. Bahkan sampai menjadi langganan para wisatawan, tidak terkecuali para wisatawan mancanegara. Nasi jinggo sendiri memiliki kemasan yang tradisional karena menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Di dalamnya sendiri selain nasi yang pulen, terdapat banyak isian, seperti suwiran ayam, kacang, tempe orek manis, telur dadar, serundeng, dan tentunya sambal. Nasi jinggo wajib menjadi santapan jika ke Bali.

source video dari youtube credit untuk rendra pratama

Sate Kakul, Kuliner Kampung yang Tersohor

Bali yang memiliki panorama alam menakjubkan memang memberikan banyak manfaat, salah satunya dengan adanya sate kakul ini. Sate kakul sendiri merupakan sate dari daging siput. Siput atau keong sawah sendiri bisa dengan mudah ditemui di Bali karena banyaknya sawah di sana. Seperti apa rasanya? Tentunya sedap karena dipadukan dengan bumbu tradisional Bali.

Satay Kakul, bali

Satay Kakul, Bali

Sate kakul sendiri tergolong kuliner kampung yang sangat kental dengan Bali. Dimasak dengan rempah khas yang bisa ditemui di Indonesia, seperti batang serai, kemiri, tomat, dan lainnya. Namun siapa sangka, ternyata sate kakul kini sudah menjadi kuliner mendunia. Tidak sedikit para wisatawan mancanegara yang menyantapnya dengan lahap. Makan sate kakul akan lebih nikmat jika dengan nasi hangat dan sayur ares.

source video dari youtube credit untuk Pngh Kae

Ayam Betutu itu Bali, Bali itu Ayam Betutu

Bali

Bali

Ada satu kaitan yang tidak bisa terlepas dari Bali untuk kulinernya, yakni ayam betutu. Ya kuliner ini menjadi ikon untuk Bali yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai kuliner yang autentik, ayam betutu selalu dijaga keberadannya, baik di Bali itu sendiri, maupun di luar Bali. Pun begitu dengan paduan bumbunya yang masih tetap dijaga seutuh mungkin.

ayam betutu

ayam betutu

Ayam betutu identik dengan cara penyajiannya. Disajikan hanya dengansatu ekor utuh, tanpa dibagi-bagi kembali. Ayam betutu dimasak dengan menggunakan beberapa bumbu inti, dan ada sensasi pedas di bagian akhirnya.

bumbu masak ayam betutu

ayam betutu ingredients

Bumbu rempah yang digunakan memang identik dengan Bali dan Indonesia, seperti bawang putih, serai, kencur, terasi, kunyti, dan masih banyak lagi. Lalu di bagian dalam ayam tersebut, diisi dengan daun singkong serta lengkap dengan bumbu yang sedap pula. Kemudian pada bagian akhirnya, ayam utuh akan dibungkus memakai daun pisang, dan diakhiri dengan cara dioven atau dikukus.

source video dari youtube credit untuk Tehbotol Sosro

Ketiga kuliner itu tentunya menjadi sebagian dari kuliner khas Bali. Masih banyak kuliner khas yang wajib kita cicipi ketika ada di Bali. Dengan mencicipi kekhasan kuliner tersebut, kita pun akan ikut melestarikan kuliner autentik milik negeri ini.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: