Keunikan Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Keunikan Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Berselancar di ombak lautan? Tentu sangat menyenangkan, tetapi itu adalah hal yang biasa. Bagaimana jika berselancar di sungai? Pernahkah Anda mendengar tentang ombak yang muncul di Sungai Kampar? Keunikan Ombak Bono Sungai Kampar di Riau sudah banyak diketahui. Ya, ombak atau gelombang yang muncul di Sungai Kampar ini diberi nama ombak Bono.

Sungai Kampar adalah sebuah sungai yang terdapat di Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Pelalawan, Kecamatan Teluk Meranti. Ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat untuk melihat fenomena ombak bono ini, salah satunya berada di Tanjung Sebayang. Menurut cerita masyarakat setempat, di Tanjung Sebayang ini juga terdapat sebuah istana yang indah dan cantik yang ternyata tidak bisa dilihat secara kasat mata. Istana tersebut dikenal dengan nama Bunian.

Keunikan Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Keunikan Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Fenomena ombak Bono sendiri terjadi karena adanya pertemuan antara arus air laut yang masuk ke sungai dan arus air sungai yang masuk ke laut. Ombak Bono akan semakin besar ketika air laut sedang pasang terutama pada saat bulan purnama. Suara gemuruh yang dihasilkan dariombak bono ini sangat besar, bahkan tinggi ombaknya bisa mencapai 6 meter. Fenomena dari ombak Bono ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk Anda dan keluarga, juga untuk mereka yang penasaran merasakan sensasi berselancar di sungai.

Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Ombak Bono Sungai Kampar di Riau

Untuk bisa sampai ke lokasi ombak Bono berada bisa melalui jalur darat dan air. Dari jalur darat bisa dimulai dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci yang berada di Kabupaten Pelalawan. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan alat transportasi umum yang dikenal dengan nama superben, dan ongkosnya sekitar 20.000 rupiah.

Ombak Bono Sungai Kampar

Ombak Bono Sungai Kampar

Dari Pangkalan Kerinci, Anda bisa menggunakan mobil sewaan untuk menuju Teluk Meranti. Setiap orang dikenakan biaya 50.000 rupiah dna perjalanan akan berlangsung selama 4 jam. Jika melalui jalur air, alat transportasi yang digunakan adalah speedboat dengan biaya 150.000 rupiah dengan waktu tempuh 3 jam.

Ayo berwisata ke Sungai Kampar dan nikmati pemandangan alam fenomenal dan langka di Bumi Riau, Ombak Bono!

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: