Makanan Khas Pacitan yang Pasti Bikin Rindu

Pacitan bukan hanya tempat bersejarah yang di dalamnya banyak ditemukan manusia purba dan goa-goa. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman menarik dengan mencicipi berbagai macam Makanan khas Pacitan yang pasti bikin rindu. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang wajib Anda nikmati saat berkunjung ke Pacitan.

  1. Thiwul
Nasi Tiwul, Pacitan

Nasi Thiwul, Pacitan

Kuliner wajib yang satu ini merupakan makanan khas masyarakat Pegunungan Kidul dengan nasi berwarna kecoklatan yang terbuat dari ketela pohon yang dikeringkan. Kandungan kalorinya lebih rendah dibandingkan dengan nasi. Thiwul ini disajikan bersama ikan laut goreng, urab, sambal terasi, sambal bawang, dan lalapan.

  1. Kupat Tahu khas Pacitan
Kupat Tahu Khas Pacitan

Kupat Tahu Khas Pacitan

Kupat tahu sepertinya memang tidak asing lagi karena sudah bisa ditemui di mana-mana. Yang menarik dari kupat tahu khas Pacitan adalah menu yang satu ini merupakan menu favorit Presiden Indonesia ke-6, yaitu Bapak SBY. Yang berbeda dari kupat tahu lainnya adalah tambahan kacang goreng dan kerupuk udang pada kupat tahu khas Pacitan. Jika bapak SBY saja sudah menyukainya, kenapa Anda tidak?

source video from youtube credit to Portal Pacitanku

  1. Soto Pacitan
soto-pacitan

soto pacitan

Soto merupakan jenis makanan yang juga bisa kita temui di mana saja. Namun, setiap daerah tentu memiliki cirikhas tersendiri yang dapat membedakannya dengan kuliner khas wilayah lain. Soto khas Pacitan ini disajikan dengan tambahan seledri, kecambah, bawang goreng, kacang goreng, dan kecap sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk dapat menikmati makanan khas Pacitan yang satu ini adalah Soto Giyem Disco yang terletak di Timur Kota Pacitan.

source video from youtube credit to Dian Eka

  1. Jadah Bakar
Jadah Bakar, Pacitan

Jadah Bakar, Pacitan

Makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan ketan yang dipanggang bersama daging ayam. Setelah dipanggang, jadah akan disajikan dengan gula pasir sehingga Anda bisa merasakan kombinasi antara rasa gurih dan manis. Biasanya, Anda bisa mendapatkan jadah bakar ini di alun-alun Kota Pacitan.

Source video from youtube credit to Jajanan Desa

  1. Sego Godhong Jati
sego godong jati

sego godong jati

Nah, makanan khas Pacitan ini pasti masih terdengar unik, bukan? Makanan ini berupa nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun jati dan pada zaman dulu dijadikan sebagai makanan berkat untuk orang-orang yang menyumbang suatu hajatan. Nasi ini berisi urab, tumis tempe kering, serundeng, ikan asin, dan peyek. Aroma daun jatinya merupakan kekuatan yang pasti membuat Anda rindu mencicipinya. Anda bisa membeli makanan yang satu ini di wilayah Kecamatan Arjosari, Desa Semanten. Sungguh kuliner yang masih terjaga keautentikannya.

source video from youtube credit to Ponorogo Tourism

  1. Sale Anggur

sale-anggur

Sale anggur merupakan camilan khas Pacitan. Seperti sale pada umumnya, sale anggur dibuat dengan cara dikeringkan dan kemudian dikemas dengan bentuk bulat-bulat dan dirangkai seperti halnya buah anggur. Sale anggur ini terbuat dari bahan pisang awak yang dipotong tipis-tipis dan dikeringkan. Meskipun tidak menggunakan bahan pengawet, namun sale ini dapat bertahan sampai lima bulan.

source video from youtube credit to Aby Karuniawan

  1. Tahu Tuna
Tahu Tuna Pacitan

Tahu Tuna Pacitan

Tahu tuna merupakan makanan khas Pacitan yang menjadi ikon makanan khas kota ini. Tahu tuna memiliki bentuk seperti tahu bakso dengan isi gilingan ikan tuna. Menu ini bisa Anda temukan di warung-warung makan atau tempat khusus oleh-oleh khas Pacitan, seperti di wilayah Pantai Teleng Ria. Apa Anda penyuka ikan tuna? Jika iya maka kuliner ini jadi kuliner yang wajib dicicipi.

Dari sekian banyak makanan khas Pacitan, mana menu makanan yang paling membuat Anda ingin berkunjung ke sana?

source video dari youtue credit to Teknologi Maju

Bagan Tour&Travel

Bagan Tour&Travel

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: