Menyusuri Merahnya Air Danau Tahai di Palangkaraya

Menyusuri Merahnya Air Danau Tahai di Palangkaraya

Menyusuri Merahnya Air Danau Tahai di Palangkaraya

Menyusuri Merahnya Air Danau Tahai di Palangkaraya

Palangkaraya merupakan salah satu kotamadya yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Sekitar 30 km dari pusat Kota Palangkaraya, terdapat sebuah desa bernama Desa Tahai yang menjadi lokasi Danau Tahai. Salah satu danau yang menjadi destinasi wisata di Kalimantan Tengah ini merupakan danau favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Danau Tahai memiliki keunikan yang membuatnya sangat digemari wisatawan, yaitu air danau yang berwarna merah. Jadi, siap untuk Menyusuri Merahnya Air Danau Tahai di Palangkaraya?

Merahnya warna air Danau Tahai ini sempat diteliti. Hasil penelitian menemukan bahwa warna merah dari air danau ini terjadi karena air danau sendiri asalnya dari air tanahgambut serta akar-akar dari pohon pada lahan gambut yang ada di sana. Sedangkan cerita mengenai terbentuknya Danau Tahai sendiri terbagi menjadi 2 versi. Cerita dari versi pertama yaitu Danau tahai terbentuk dari berkumpulnya genangan air di sekitar kawasan penambangan pasir. Sedangkan versi kedua menyatakan bahwa danau terbentuk karena adanya perubahan aliran dari Sungai Kahayan sehingga terbentuklah genangan air.

danau thai di palangkaraya

danau thai di palangkaraya

Selain warna danaunya yang unik, wisatawan juga bisa dibuat terkagum dengan adanya rumah-rumah apung di sekitar danau yang disebut dengan rumah lanting. Kawasan danau ini juga terhubung dengan hutan melalui jembatan kayu. Wisatawan bisa berjalan menyusuri jembatan ke tengah danau dan menuju hutan.

Danau Thai

Danau Thai

Jadi, selain bisa berwisata di sekitar danau, wisatawan juga bisa sekaligus berwisata ke dalam hutan. Pemandangan hutan yang asri dengan suara-suara alam yang indah akan membuat Anda terlena. Anda bahkan bisa saja melihat sejenis kera yang dilindungi di hutan tersebut, yaitu Uwak-Uwak.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan di Danau Tahai ini di antaranya perahu dayung, rumah makan, musala, sepeda angsa, tempat untuk karaoke, serta penginapan dengan harga yang terjangkau. Untuk bisa sampai ke tempat wisata Danau Tahai ini cukup mudah. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus dari Palangkaraya dengan tujuan Sampit. Wisatawan lalu turun di Desa Tahai dan hanya perlu berjalan kaki untuk bisa mencapai Danau Tahai. Wisatawan bisa juga menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi wisata Danau Tahai ini menyediakan area parkir yang cukup luas.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: