Nikmati Wisata Ekstrem dengan Menjadi Penangkap Lobster di Yogyakarta

Nikmati Wisata Ekstrem dengan Menjadi Penangkap Lobster di Yogyakarta

Nikmati Wisata Ekstrem dengan Menjadi Penangkap Lobster di Yogyakarta

Nikmati Wisata Ekstrem dengan Menjadi Penangkap Lobster di Yogyakarta

Kenapa harga makanan laut memiliki harga yang cukup mahal dibanding dengan makanan lainnya? Jawaban yang mudah adalah karena makanan jenis laut ini cukup sulit untuk ditangkap, salah satunya lobster. Bahkan untuk menangkap udang besar itu, akan terasa cukup sulit dan itu terlihat dari Yogyakarta. Namanya adalah kereta gantung Pantai Timang. Namun uniknya kereta gantung,  Nikmati Wisata Ekstrem dengan Menjadi Penangkap Lobster di Yogyakarta  lho!

kereta gantung

gondola sky view

Kereta gantung yang kerap dijadikan sebagai alat untuk menangkap lobster ini memang menjadi kendaraan bagi warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Namun seiring dikenalnya kereta gantung ini, semakin banyak yang ingin menaiki kereta yang super ekstrem tersebut. Lantas kenapa sih dikatakan sebagai kereta gantung yang ekstrem?

pemandangan gondola

gondola view

Kereta ini merupakan kendaraan yang masih tradisional, jauh dari sisi kemodernan. Kereta gantung ini menghubungkan antara daratan dengan sebuah batu tebing besar yang ada di tengah laut. Kereta inipun dihubungkan hanya dengan tali, yang dilengkapi dengan katrol seadanya. Nantinya kereta ini akan berjalan di tengah laut, yang lengkap dengan deburan ombak yang sangat besar!

kereta gantung pemandangan laut berombak

Gondola with sea view, Big wave

Kereta gantung yang ada di Pantai Timang ini bukanlah lokasi wisata yang resmi. Bahkan pemerintah pun tidak menjadikannya sebagai destinasi unggulan di wilayah tersebut. Kereta tersebut hanya dikelola oleh warga setempat, yang dengan idenya menjadikan kereta tersebut sebagai wisata ekstrem. Jika kita memng memiliki jiwa pemberani, jiwa traveler maka menaiki kereta tersebut menjadi tantangannya.

bagi yang takut ketinggian tidak di anjurkan

challenge yourself for this advanture

Namun untuk menaikinya tidaklah dengan gratis. Setiap orang akan dibebankan tarif sebesar 200 ribu. Tentunya cukup mahal, bukan? Akan tetapi, semua itu terbayar lunas karena untuk menyebrang dengan kereta yang melintasi lautan itu, memakai tenaga orang banyak. Selain itu, yang pasti kita akan diajak untuk ditantang adrenalinnya.

penjaga gondola

The Gondola Guard

Berniat untuk datang ke Pantai Timang? Tunggu dulu karena untuk menuju ke sana, diperlukan banyak perjuangan. Kita akan diajak untuk menempuh jarak sejauh 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Di tengah perjalanan pun kita akan disajikan dengan ruta yang berbatu. Dengan demikian, tubuh kita pun akan dibuat terombang ambing, sebelum menikmati kereta gantung tersebut.

tampak atas gondola

Gondola view from top

Akan tetapi, meski cukup berjuang dalam perjalanan menuju kawasan Pantai Timang itu, rasa lelah kita pun akan terbayar lunas. Kenapa? Karena pemandangan laut di sana sangatlah indah. Laut lepas dengan deburan ombak yang selalu besar bisa menjadi objek fotografi yang memukau.

pemandangan dari karang sebelah

Other side view of the cliff

Rasanya jika mengaku sebagai petualang sejati, sangat wajib untuk datang ke lokasi ini. Rutenya sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah. Dari Kota Wonosari nantinya kita harus mengarahkan kendaraan menuju Pantai Baron. Lalu masuk ke pertigaan Mulo, untuk kemudian diarahkan ke Pantai Silung.

papan seluncur di pasir

Snow boarding? have you try sand boarding?

Dari pantai tersebut, perjalanan dilanjutkan ke arah Pasar Dakbong. Nah jalan yang berbatu inilah yang akan kita lalui di kawasan ini. Setelah itu, kita pun akan tiba di lokasi Pantai Timang. Total perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 3 jam lamanya.

papan luncur pasir

Sand boarding

Dengan menaiki wisata ekstrem kereta gantung ini, kita pun akan tahu perjuangan yang dilakukan para penangkap hewan laut, khususnya lobster ini. Itulah kenapa harga masakan laut cukup mahal karena tentunya itu sebanding dengan risiko yang dihadapi.

papan luncur pasir

sand boarding he make it

Menaiki kereta gantung yang ada di Pantai Timang ini kita pun akan seolah-olah menjadi penangkap lobster. Jadi, sudah diputuskan untuk menaikinya atau tidak?

pemandangan indah pantai

beautifull view

Yuk mari kita liat pemandangan kereta gantung nya langsung melalui video berikut. Check this out!!

source video dari youtube credit to Ummi Hani Rangkuti

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: