Nikmatnya Aneka Kuliner di Kota Surakarta

Nikmatnya Aneka Kuliner di Kota Surakarta

Menikmati suasana Kota Surakarta sepertinya belum lengkap jika belum menjajal Aneka kuliner di Kota Surakarta. Berbagai macam menu di kota ini terkenal karena memang rasanya yang sangat lezat dan hampir setiap kuliner senantiasa memberikan yang terbaik bagi pembelinya. Penasaran kuliner apa saja yang bisa Anda cicip di kota budaya yang satu ini?

  1. Soto Gading
Aneka kuliner di Kota Surakarta

Aneka kuliner di Kota Surakarta

Soto ayam merupakan salah satu makanan sehat yang bisa kita temukan di mana saja. Nah, di Surakarta sendiri terdapat kedai soto yang paling terkenal yang terletak di Jalan Brigadir Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon, atau tepatnya berada di dekat alun-alun Keraton Surakarta.

Kedai soto yang satu ini dinamakan Soto Gading dan memiliki menu khas berupa nasi, mie soon, suwiran daging ayam, dan kuah bening kaya rempah yang membuat segar hari-hari Anda. Beberapa menu pendamping lain yang disajikan antara lain adalah telur puyuh, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, bakwan, sate uritan, dan lain sebagainya. Bukan hanya masyarakat biasa yang pernah mampir ke sini, beberapa orang terkenal seperti Presiden Joko Widodo, Agum Gumelar, Megawati, dan Mari Elka Pangestu juga pernah mencicipi segarnya Soto Gading.

  1. Pecel Ndeso
Aneka kuliner di Kota Surakarta

Aneka kuliner di Kota Surakarta

Pecel Solo atau dikenal juga dengan Pecel Ndeso merupakan salah satu dari Aneka kuliner di Kota Surakarta yang wajib Anda coba. Bukan hanya kuliner tradisional saya yang disajikan di sini, pengunjung juga bisa menikmati nuansa kebudayaan khas Solo di warung Ndeso Resto yang terletak di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo ini. Warung yang satu ini dibuka pada jam 8 pagi dan tutup jam 4, lalu buka kembali pukul 6 sore hingga sepuluh malam.

source dari youtube credit untuk eco batik

Menu spesial yang bisa Anda coba di warung Ndeso ini adalah nasi merah yang disajikan bersama dengan daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, dan jantung pisang serta sambal pecal. Selain menjual makanan tradisional, Warung Ndeso Resto juga menyediakan aneka minuman tradisional seperti beras kencur, temulawak, jahe pandan, dan kunir asem sirih yang dapat dijadikan hangat maupun dingin.

  1. Sambal Tumpang

sambal-tumpang

Sambal tumpang ini bisa dinikmati di Warung Pecel Bu Kis yang berada di belakang Pengadilan Negeri Solo, dekat dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Menu andalan yang banyak dipesan di warung yang satu ini adalah sambal tumpang, yaitu sambal yang memiliki rasa manis, gurih dan pedas yang siap disantap dengan nasi maupun bubur beras. Tidak lupa, menu ditambahkan dengan tauge dan bayam segar supaya lebih sehat. Belum lagi, rasa tahu putih, tahu goreng, krecek, dan rempah-rempah lain yang bisa meningkatkan kenikmatan saat Anda menikmati Sambal Tumpang khas Bu Kis ini.

  1. Srabi Notosuman

serabi-notosuman

Srabi Notosuman memang sudah dikenal sejak tahun 1923 karena memang srabi ini memiliki bagian pinggir yang renyah dengan varian rasa. Dari sekian banyak aneka kuliner di Kota Surakarta, srabi yang satu ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surakarta dengan satu porsi srabi berisi sepuluh buah. Untuk memperoleh makanan unik yang satu ini, Anda bisa langsung datang ke Jalan Mohammad Yamin No. 28, Surakarta.

  1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

es-dawet-telasih

Kota Surakarta sepertinya memang tidak pernah kehabisan makanan atau minuman tradisional. Salah satunya adalah es dawet telasih Bu Dermi yang berada di Pasar Gede. Hanya dengan uang lima ribu rupiah, Anda bisa menikmati semangkuk es berisi bubur ketan hitam, tape ketan, cendol, bubur sumsum, dan biji telasih. Segar, kan?

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: