Objek Wisata Gunung Halimun yang Wajib Didatangi

Objek Wisata Gunung Halimun yang Wajib Didatangi

Objek Wisata Gunung Halimun yang Wajib Didatangi

Objek Wisata Gunung Halimun yang Wajib Didatangi

Artikel kali ini akan menjelaskan mengenai Objek Wisata Gunung Halimun yang Wajib Didatangi salah satunya termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau disingkat TNGHS. Terletak di Jawa bagian Barat, tepatnya Kota Sukabumi, TNGHS merupakan wilayah bergunung-gunung yang mencakup dua puncak tertinggi Gunung Halimun dan Gunung Salak.

Sebagai Taman Nasional, Gunung Halimun merupakan wilayah dataran rendah terbesar di Pulau Jawa dengan hutan hujan terlindungi yang telah berdiri sejak tahun 1992. Di dalamnya terdapat tiga zona vegetasi dengan ratusan spesies flora dan fauna langka seperti elang dan macan tutul Jawa.

Fasilitas dan Objek Wisata Gunung Halimun

Di Gunung Halimun terdapat beragam potensi objek wisata berupa wisata alam, kekayaan sejarah, dan tradisi adat Sunda yang terus dikembangjab sebagai sektor wisata dengan daya tarik besar bagi wisatawan. Di antaranya sebagai berikut.

Wisata Budaya

Wisata Budaya Gunung Halimun

Wisata Budaya Gunung Halimun

Jauh sebelum Gunung Halimun ditetapkan sebagai wilayah konservasi, permukiman masyarakat tradisional yang sangat bergantung pada kekayaan sumber daya alam di sekitar gunung tersebut sudah ada di sana. Antara lain masyarakat Baduy dan masyarakat kesepuhan adat Banten Kidul. Hingga saat ini, wisatawan lokal dan mancanegara yang tertarik menjelajah lebih jauh mengenai kekayaan budaya nya sebagai objek edukatif telah banyak berdatangan.

Jalan Setapak

Jalan Setapak Gunung Halimun

Jalan Setapak Gunung Halimun

Jalan setapak sepanjang hampir 4 km antara Citalahab dan Cikaniki ini merupakan jalur interpretasi yang dilengkapi dengan fasilitas peristirahatan serta penunjuk jalan. Terdapat dua jalan alternatif di sini, yaitu yang menuju Kampung Citalahab, serta permukiman wisma tamu bagi wisatawan yang dikelola masyarakat setempat, dan alternatif kedua yang mengarah ke perkebunan teh Nirmala. Anda akan disuguhkan pemandangan alam penuh flora dan fauna selama menapaki jalan di tengah hutan tropis tersebut.

Jembatan Gantung

 Jembatan gantung


Jembatan gantung

Jembatan gantung dengan ketinggian di atas 20 meter di atas tanah, dan terletak sekitar 200 meter dari pusat penelitian Cikaniki ini memiliki panjang 125 meter dan dapat digunakan masyarakat umum sebagai fasilitas wisata untuk melihat pemandangan hutan dari ketinggian.

Puncak Gunung

 kawah Ratu


kawah Ratu

Meskipun belum diresmikan secara khusus, tetapi wilayah pendakian menuju beberapa puncak gunung di TNGHS telah m,enjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta alam.  Salah satunya yang terkenal adalah kawah Ratu yang terdapat di puncak Gunung Salak.

Mari kunjungi juga artikel mengenai wisata lain dekat Gunung Halimun

Kampung adat Ciptagelar berada di pegunung halimun

Kampung adat Ciptagela located at Mount Halimun

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: