Objek Wisata Gunung Merbabu yang Sulit Dilupakan

Objek Wisata Gunung Merbabu yang Sulit Dilupakan

Objek Wisata Gunung Merbabu yang Sulit Dilupakan

Objek Wisata Gunung Merbabu yang Sulit Dilupakan

Objek Wisata Gunung Merbabu yang Sulit Dilupakan terletak di Provinsi Jawa Tengah. Mencakup tiga kabupaten yaitu Semarang, Magelangm dan Boyolali, Gunung Merbabu telah lama menjadi destinasi wisata kebanggaan Indonesia serta masyarakat setempat.

Mengapa tidak? Di Gunung Merbabu Anda akan melihat hijaunya hamparan savana yang memanjakan mata. Begitu pula pepohonan rindang dan bunga Edelweiss yang langka semakin menambah daya tariknya. Apalagi, Gunung Merapi yang terletak di sebelah selatan gunung ini bisa terlihat jelas dari Merbabu. Tak heran jika akhirnya Gunung Berbabu menjadi salah satu tujuan wisata terlindungi yang termasuk dalam kategori Taman Nasional.

Keistimewaan Gunung Merbabu

Keistimewaan Gunung Merbabu

Keistimewaan Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunug berapi dengan jenis stratovolcano kerucut. Sejak terakhir meletus tahun 1968, gunung ini dinyatakan tidak lagi aktif. Merbabu memiliki tujuh puncak yaitu Puncak Merbabu, Kentheng Songo, Ondo Rante, Syarif, Geger Sapi, Watu Tulis, dan Watu Gubug.

Meskipun sering berkabut akibat suhu udara yang sangat dingin, tetapi kabut itulah yang menghiasi keindahan Gunung Merbabu,

Mendaki Gunung Merbabu

Sunrise Gunung Merbabu

Sunrise Gunung Merbabu

Daya tarik utama objek wisata Gunung Merbabu adalah kegiatan mendaki gunungnya. Terdiri dari empat jalur pendakian yaitu Cunthel, Selo, Wekas, dan Thekelan, masing-masing jalur memiliki karakter serta tingkat kesulitan yang berbeda. Bagi pendaki pemula cocok melewati jalur Wekas sebagai jalur paling pendek, atau jalur Selo yang wilayah trekkingnya relatif mudah. Sementara itu, Chuntel yang cukup panjang sebaiknya hanya dilewati Anda yang bertubuh fit. Untuk jalur Thekelan, Anda yang gemar tantangan bisa melewati jalur curam ini.

Di titik awal mendaki, Anda akan melihat banyak rumah dan perkebunan. Sekitar dua jam berikutnya, Anda bisa beristirahat di pos pertama. Lanjut k epos kedua akan terlihat deretan pohon pinus selama perjalanan hingga tampak area perkemahan. Di sini, Anda bisa bermalam untuk bersiap mendaki melewati pos tiga dan empat.

Masuk ke pos lima, Anda akan menemukan Sabana, tempat tumbuhnya lautan Edelweis. Dari sini, pendakian akan lebih ekstrem hingga Anda menemukan dua akses jalan menuju puncak Sharif, juga puncak Kentheng Songo dan pncak Merbabu.

Tips Mendaki Gunung Merbabu

  1. Gunakan topi, pakaian tertutup, dank rim anti matahari untuk menghindari sengatan panas. Di sini lebih banyak medan terbuka seperti sabana, dibanding hutan lebat.
  2. Cuaca ekstrem berubah di Merbabu. Gunakan pelembap, masker, dan bawa juga sleeping bag serta pakaian hangat.
  3. Lakukan pendakian di siang hari agar tidak tersesat.
  4. Jangan sembarangan memberi makan kera liar.
  5. Agar Objek Wisata Gunung Merbabu tetap lestari, jangan kotori gunung dengan membuang sampah sembarangan.

 

 

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: