Objek wisata Raja Ampat yang Tidak Anda Ketahui

Objek wisata Raja Ampat yang Tidak Anda Ketahui

Raja Ampat sepertinya memang menjadi destinasi banyak wisatawan, baik asing maupun lokal. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa Raja Ampat hanya menyimpan satu pulau dengan keindahan yang memukau. Padahal, Objek wisata Raja Ampat yang Tidak Anda Ketahui ini memiliki empat pulau yang semuanya indah. Raja Ampat sendiri merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat dengan 1.846 pulau dan luas sekitar 4,5 hektar.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

forest

Masyarakat Raja Ampat membaginya menjadi bagian utara dan selatan dengan Pulau Waigeo sebagai pulau terbesar di wilayah ini. Selain Pulau Waigeo, ada juga pulau besar lainnya yang bisa menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya jika datang ke sini. Pulau-pulau itu antara lain adalah Pulau Batanta, Salawati, dan Misool.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

raja ampat, Papua

Nama Raja Ampat mulai terkenal setelah wilayah Wayag muncul di layar kaca sekitar tahun 2007-an. Selain itu, Raja Ampat juga dikenal dengan kekayaan biota lautnya yang menyimpan lebih dari 1.320 spesies ikan karang dan lebih dari 540 dari jumlah koral kelas yang ada di dunia.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

raja ampat view

Untuk menjangkau objek wisata Raja Ampat, Anda bisa menggunakan akses paling populer melalui Pelabuhan Usaha Mina atau Pelabuhan Pelayaran Rakyat yang berada di Sorong. Dari Sorong, Anda bisa menaiki kapal feri ke arah Waisai. Perjalanan biasanya dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat dengan jam berangkat pukul 9 pagi dan 2 siang. Kapal feri sendiri menyediakan dua kelas, yaitu kelas ekonomi dengan tarif 130 ribu dan kelas VIP dengan tarif 230 ribu.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

Lokal village

Sementara itu, penerbangan langsung yang harus Anda lalui untuk bisa ke Sorong adalah 4 jam dengan harga tiket sekitar 4 sampai 5 jutaan. Sementara beberapa penerbangan biasanya menetapkan transit di Makassar.Untuk dapat mengelilingi Raja Ampat, Anda bisa menggunakan perahu cepat (speed boat) yang disewa dengan harga 15 juta per harinya dengan bahan bakar 15 ribu per liter.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

local villagers

Untuk bisa berkunjung ke objek wisata Raja Ampat, Anda memerlukan Pin Raja Ampat yang bisa dibeli di Tourist Information Center Sorong atau Waisai. Pin ini dapat digunakan selama satu tahun dengan harga 250 ribu untuk warga lokal dan 500 ribu untuk WNA. Pilihan objek wisata yang bisa Anda pilih antara lain adalah beberapa pulau yang sudah disebutkan di atas, atraksi wisata Wayag di Painemo, Teluk Kabui, dan lain-lain.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

respect the tradition

Untuk sampai ke Painemo, Anda perlu menggunakan perahu cepat yang dikendarai selama dua jam dari Waisai, lalu mendaki bukit selama 20 menit sambil menikmati pemandangan pulau-pulau kecil dari atas bukit. Sementara itu, Teluk Kabui dipilih sebagai destinasi bagi para penyelam pemula karena airnya cenderung tenang sehingga lebih aman untuk diselami.

Objek wisata Raja Ampat yang tidak Anda Ketahui

Hot spot for scuba diving, calm water suitable for bigginer

Atraksi lain yang bisa Anda nikmati saat datang ke Raja Ampat adalah atraksi burung cendrawasih yang hanya akan menari di pagi hari. Burung yang satu ini sangat peka terhadap bebauan sehingga Anda sebaiknya tidak menggunakan minyak wangi atau minyak angin yang bisa memicu pergerakan burung tersebut. Atraksi burung yang satu ini bisa diperoleh dengan mendatangi Desa Sawingrai di Pulau Gam dan Saporken. Perjalanan yang harus ditempuh dari Waisai adalah sekitar satu jam.

video dari youtube credit untuk Kaufik Anril

Karena biayanya yang cukup mahal, maka sebaiknya Anda melakukan perjalanan berkelompok sekitar 10 orang supaya biaya perjalanan bisa menjadi lebih murah.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: