Peran HRD dalam Mencetak Karyawan Unggul Perusahaan

Peran HRD dalam Mencetak Karyawan Unggul Perusahaan

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa HRD berperan besar dalam merekrut karyawan dan staf baru di suatu perusahaan besar maupun kecil. Saat mewawancarai calon karyawan yang akan diseleksi dalam perekrutan, staf HRD hendaknya mengikuti sejumlah tahapan atau prosedur baku dalam memilih serta menyeleksi kandidat kuat. Seorang yang bergelut di bidang HRD atau perekrutan karyawan baru biasanya dilakukan dengan cara mencocokkan keahlian yang dipunyai para kandidat. Adapun selain mencocokkan setiap keahlian, ternyata karakteristik personilnya serta persyaratan yang diperlukan lainnya penting untuk posisi pekerjaan yang akan digeluti nantinya.

Peran HRD dalam Mencetak Karyawan Unggul Perusahaan

Peran HRD dalam Mencetak Karyawan Unggul Perusahaan

Keterampilan serta keahlian dalam menguji calon karyawan yang cocok mengisi lowongan jabatan tertentu tentu menjadi bagian atau kekuasaan profesional departemen bidang HRD. Setidaknya ada sekitar sembilan keterampilan jumlahnya yang wajib diperbarui setiap saat oleh bagian HRD supaya dapat siap melakukan fungsi dan peranannya sebagai mitra yang strategis dalam bisnis dan perusahaan yaitu pengelolaan dan pelatihan sumber daya manusia atau karyawan, di antaranya Peran HRD dalam Mencetak Karyawan Unggul Perusahaan sebagai berikut

  1. Sebagai manajemen HRD yang baik, kita harus mampu melakukan langkah pendekatan dalam organisasi. Beberapa fungsi utama HRD antara lain pendataan rapi, efisiensi setiap personilnya, serta pengelolaan atau manajemen waktu yang cukup baik. Tentunya apabila berada di sisi pimpinan maupun staf HRD, sudah tentu hubungannya secara langsung dengan kehidupan serta karir orang banyak.
  2. Sebagai seorang profesional HRD, sudah selayaknya mempunyai banyak aktivitas alias multitasking. Sebagai contoh, Anda di saat tertentu menghadapi serta mendengarkan masalah pribadi dan sebab kinerja karyawan menurun secara interpersonal, waktu berikutnya harus ada saat membereskan dan merapikan klaim dari biaya pertemuan yang diajukan karyawan lainnya. Kemudian di waktu selanjutnya, bidang HRD akan pusing memikirkan mengenai bagaimana strategi yang tepat rekrutmen karyawan baru saat ini.
  3. Seorang HRD merupakan hati nurani dari perusahaan. Mengapa demikian? Ya, karena selain menjaga kerahasiaan informasi, HRD juga menjadi motor penggerak bagi kelangsungan dan kemajuan sumber daya manusia perusahaan. Selain informasi perusahaan, HRD yang baik dan profesional juga harus memastikan karyawan perusahaannya masih mempunyai hak privasi yang terjaga.
  4.  Penggerak di bidang HRD juga mampu berdiri dan bisa membagi antara kebutuhan maupun kepentingan manajemen serta karyawannya. HRD harus bisa memutuskan untuk melindungi pegawai atau karyawannya, dengan lebih mempererat dan menjalin komunikasi lebih baik lagi.
  5. Sebagai profesional HRD Anda harus menyeimbangkan kepentingan keduanya, baik itu perusahaan atau organisasi serta karyawan yang terhimpun di dalamnya. Keseimbangan inilah yang membuat Anda akan memperoleh kepercayaan lebih.
  6. Karena HRD merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah perusahaan, maka dibutuhkan komunikasi serta jalur aspirasi yang jelas dan tersedia, supaya didapatkan kesempatan semua orang menyalurkan pendapatnya. Segala aturan dan tata tertib ditegakkan secara konsisten agar setiap karyawan dapat mematuhinya dan memupuk rasa saling menghargai antar personil. Dengan pendekatan dan berproses seperti ini, maka sikap serta rasa keterbukaan akan tercipta di kantor maupun perusahaan secara keseluruhan.
  7. Profesional HRD baiknya siap membantu dalam keadaan apapun serta mendampingi karyawan dalam meniti karirnya di bagian masing-masing. Perkembangan dan inovasi baru akan terus bermunculan apabila menggunakan metode ini, diiringi dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
  8. Orang HRD sudah dapat dipastikan mempunyai orientasi strategi yang mantap, melalui sinergi manajemen serta kepemimpinan.
  9. Sebagai seorang profesional bidang HRD, harus memahami dinamika tim dan selalu menjaga keutuhan serta kebersamaan dan kekompakan dalam tim kerja.

source video dari youtube credit untuk PeopleMattersOnline

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: