Pesona Alam Memukau Gunung Sibayak di Tanah Karo

Pesona Alam Memukau Gunung Sibayak di Tanah Karo

sibayak-sign-board

sibayak-sign-board

Sumatera Utara menjadi salah satu propinsi yang kaya akan lokasi wisata alam seperti Danau Toba, Air Terjun Dua Warna, dan Pulau Samosir. Akan tetapi, ternyata pesona keindahan alam Sumatera Utara lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pesona alam memukau Gunung Sibayak. Ya, Gunung Sibayak yang merupakan gunung api aktif ini sangat digemari oleh mereka yang gemar naik gunung.

Gunung Sibayak memiliki batuan yang tidak beraturan pada bagian puncaknya. Meskipun begitu, ternyata ketidakteraturan dari batuan di puncak ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Umumnya, para wisatawan akan pergi mendaki Gunung Sibayak pada dini hari, incaran mereka adalah matahari terbit. Ya, keindahan matahari terbit dari Gunung Sibayak memang memukau, oleh karena itu panorama dari Gunung Sibayak ini menjadi salah satu yang sangat memukau di Tanah Karo.

perjalanan-mendaki-gunung-sibayak

perjalanan-mendaki-gunung-sibayak

Selain puncak gunung, kawasan lain dari Gunung Sibayak yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah kawah Gunung Sibayak. Kawah yang memiliki luas 40.000 meter ini merupakan kawah belerang yang terus-menerus menyemburkan uap panas. Tentunya para wisatawan harus berhati-hati dan hanya menjadikan lokasi yang aman saja sebagai tempat untuk menikmati pemandangan kawah dan tempat untuk beristirahat.

Pesona Alam Memukau Gunung Sibayak di Tanah Karo

Pesona Alam Memukau Gunung Sibayak di Tanah Karo

Gunung Sibayak sendiri terletak di Kabupaten Karo pada dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Nama Sibayak sendiri artinya adalah raja. Sedangkan puncak tertinggi dari gunung ini diberi nama Takal Kuda yang artinya kepala Kuda. Ketinggian dari Gunung Sibayak ini mencapai 2.094 meter dpl. Untuk bisa sampai di kawasan Gunung Sibayak, Anda bisa memulainya dari Medan.

boot-camp-at-gunung-sibayak

boot-camp-at-gunung-sibayak

Anda akan menempuh perjalanan selama lebih kurang 2 jam menuju Berastagi atau sekitar 77 km. Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawasan Gunung Sibayak melalui rute Berastagi atau melalui Desa Semangat Gunung. Selanjutnya, Anda bisa memilih satu dari tiga pintu masuk hutan untuk bisa mulai mendaki Gunung Sibayak. Sedangkan untuk tiketnya, Anda hanya dikenakan biaya 2000 rupiah sebagai biaya retribusi ketika akan mulai masuk ke kawasan Gunung Sibayak.

Jadi, apakah Gunung Sibayak sudah masuk dalam urutan tempat wisata Indonesia untuk liburan nanti?

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: