Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Artikel kali ini menjelaskan mengenai Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung seluruh pulau di Indonesia memang tidak biasa. Setiap penjuru memiliki kekhasan masing-masing yang tidak dapat dibandingkan keindahannya. Nah, salah satu pulau yang ada di Sumatera dan terkenal dengan keindahan alamnya adalah Kepulauan Bangka Belitung. Bangka Belitung sendiri memiliki dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang diikuti oleh pulau-pulau lainnya. Bahkan bisa dikatakan wisata ke sini menjadi agenda wajib.

Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung berada di sebelah timur Kepulauan Sumatera, tepatnya bertepatan dengan Provinsi Sumatera Selatan. Keduanya memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal timah sehingga dijadikan sebagai tempat penghasil timah paling besar di negeri Indonesia. Nah, di balik kekayaan alamnya, daya tarik lain dari pulau yang satu ini adalah keindahan alamnya yang masih sangat asri, alami, dan eksotis.

Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Surga Dunia di Kepulauan Bangka Belitung

Di kepulauan yang satu ini, terdapat beraneka ragam fauna dan flora yang tidak bisa ditemukan di pulau lainnya. Flora yang banyak ditemukan di sini adalah keramunting, mate ayam, buk-buk, jelutung, kapuk, dan lain-lain. Beberapa jenis flora paling terkenal adalah berjenis kayu, seperti kayu meranti, mambalong, dan ramin. Sementara itu, fauna yang paling banyak di sini adalah rusa, monyet, beruk, babi hutan, trenggiling, dan lutung.

flora-bangka-belitung

Salah satu objek wisata paling terkenal yang ada di Kepulauan Bangka Belitung adalah Pulau Lengkuas. Pulau ini berada di Belitung dan memiliki daya tarik berupa mercusuar kuno dengan menara setinggi 70 meter yang dibangun pada tahun 1882. Dengan menaiki menara tersebut, maka Anda bisa melihat pemandangan Belitung yang indah dan menawan.

belitung-cakrawala

Pulau lengkuas

Beberapa objek perjalanan lain yang bisa ditemukan saat hendak ke pulau ini adalah Batu Garuda, Pulau Pasir, dan Pulau Batu Berlayar. Batu Garuda merupakan tumpukan batu yang menyerupai kepala garuda, sedangkan Pulau Pasir adalah gundukan pasir yang muncul dari dalam laut. Pulau Batu Berlayar merupakan tembok batu berupa layar perahu. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di sini adalah mendaki bebatuan karang atau mendaki puncak mercusuar. Mercusuar ini dulunya digunakan sebagai alat untuk membantu navigasi kapal-kapal yang keluar dan masuk dari Tanjung Binga.

batu-garuda

Selain Pulau Lengkuas, ada lagi objek wisata menarik yang bisa Anda temukan di Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Tanjung namanya. Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari ibukota Belitung, yaitu Tanjung Pandan. Di sinilah dulu para aktor Laskar Pelangi bermain peran. Setelah kemunculan film fenomenal yang dibuat berdasarkan novel karya Andrea Hirata ini, maka kecantikan Pulau Belitung semakin terkenal bahkan ke seluruh dunia. Selain mempunyai hamparan pasir putih dengan air yang masih bersih berwarna putih kebiruan ini, kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah stand up paddling.

source video dari youtube credit untuk Dani Setiawan

Dikarenakan pantai ini memiliki bentuk seperti teluk, maka arus ombaknya relatif kecil sehingga sangat pas jika dijadikan sebagai sarana bermain olahraga air. Stand up paddling sendiri merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggunakan dayung dan papan selancar sehingga Anda harus menjaga keseimbangan saat melakukannya. Dengan menyewa papan selancar dan dayung seharga 50 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa bermain di sini seharian. Jadi tunggu apa lagi, segera luangkan waktu dan budget Anda untuk berlibur ke Kepulauan Bangka Belitung! Karena dengan datang ke sana, itu berarti Anda pun ikut melestarikan wisata Indonesia untuk semakin maju lagi.

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: