Tingkatkan Keimanan dengan Kunjungi Wisata Religi di Cirebon

Tingkatkan Keimanan dengan Kunjungi Wisata Religi di Cirebon

peta Cirebon

Cirebon maps at Java

Dengan menjalani sebuah wisata, kita akan mendapatkan banyak hal. Selain tentunya hal yang baru, juga kita pun akan mendapatkan kebahagiaan, tidak terkecuali dengan wisata religi. Wisata jenis ini adalah mengenal hal yang baru, khususnya dengan bidang kerohanian. Indonesia memiliki lokasi yang yang bernuansa religi. Lokasi yang dimaksud adalah Cirebon. Jadi dengan berwisata religi di Cirebon, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Wisata memang tidak selamanya ke tempat yang seru saja, seperti pantai, laut, atau bahkan arena bermain. Dengan menjalani wisata religi, kita pun akan mendapatkan ketebalan iman. Tidak ada yang salah memang dengan berwisata ke sana. Dan Cirebon menjadi salah satu wilayah di negeri ini yang menyajikannya. Hal itu karena Cirebon sendiri memiliki banyak lokasi yang bisa kita kunjungi. Di mana sajakah itu?

Mengenal Lebih dalam Tentang Sosok Sunan Gunung Djati

berwisata religi di Cirebon

berwisata religi di Cirebon

Kita pasti sudah tidak asing dengan Wali Songo, bukan? Wali Songo sendiri adalah penyebar agama Islam untuk Pulau Jawa, dan Cirebon menjadi salah satu daerah yang paling kental dengannya. Selain itu, di sana pun terdapat makam salah satu dari sembilan Wali Songo tersebut. Makam tersebut dikenal dengan nama Sunan Gunung Djati.

sunan gunung djati

Sunan Gunung Djati at Cirebon

Lokasinya dari makan Sunan Gunung Djati, yang sudah menjadi tujuan utama ke Cirebon terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jika dari pusat kota, kita akan menempuh jarak sejauh 7 kilometer.

makan sunan gunung djati

Sunan Gunung Djati, Cirebon

Kompleks pemakaman Sunan Gunung Djati sendiri memiliki luas sekitar 4 hektare. Di sana terdapat bangunan utama yang memiliki sembilan tingkat, lengkap dengan sembilan pintu. Yang unik dari semua pintu itu adalah dilengkapi dengan nama yang berbeda satu sama lainnya. Bangunan utama tersebut memiliki unsur yang sangat kental dari Jawa, Arab, serta Tiongkok.

source video dari youtube credit untuk Okyprima Saptoyuwono

Memaknai Perjalanan Wali Songo dari Makam Syekh Datuk Kahfi

syeikh dzatul kahfi

syeikh dzatul kahfi

Wilayah Cirebon memang sangat kental dengan nuansa keislamannya. Hal itu ditandai dengan banyaknya wisata religi, dan yang berikutnya masih berhubungan dengan Wali Songo. Makam Syekh Datuk Kahfi adalah wisata religi di Cirebon yang dimaksud.

papan datuk khafi

Sign board

Lokasinya sendiri ada Pasambangan, Kompleks pemakaman Gunung Sembung, Bukit Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Lokasi makam ini tidak berjauhan dengan makam Sunan Gunung Djati.

tampak dalam

inside view

Jika ingin berwisata religi ke daerah Cirebon, kita sangat diajurkan untuk tidak melewatkan makam ini. Kenapa demikian? Ya karena Syekh Datuk Kahfi sendiri merupakan seorang guru dari Sunan gunung Djati, yang sekaligus menjadi pelopor penyebaran Islam di tanah Jawa oleh Wali Songo.

source video dari youtube credit untuk Nurul Khayati

Jejak Penyebaran Islam di Makam Sunan Kalijaga

Makam berikut adalah dari makam sunan kalijaga. Nama makam tersebut adalah Petilasan Sunan Kalijaga. Disebut seperti itu karena di sanalah kita bisa melihat jejak yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan Islam di kota ini.

Mesjid Maka Kanjeng Sunan Kalijaga

Mesjid Maka Kanjeng Sunan Kalijaga

Lokasinya sendiri cukup mudah untuk dijangkau. Berada di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Dikatakan mudah karena termasuk tidak jauh dari terminal Harjamukti.

sunan kalijaga

Sunankalijaga

Kompleks petilasan ini memiliki bangunan yang membentuk huruf L. Dalam bangunan tersebut terdiri dari tiga ruangan, yakni ruangan untuk memanjatkan doa bagi kita yang datang, ruangan yang berisi makam kuno, serta ruangan yang sempat menjadi ruang tidur sunan kalijaga itu sendiri.

source video dari youtube credit untuk Arson Falseto

Dari ketiga lokasi wisata religi di Cirebon itu, rasanya kita pun akan mengenal banyak sejarah tentang keislaman di Pulau Jawa. Semoga bisa menambah wawasan mengenai sejarah budaya dan agama Indonesia ya!

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: