Tips Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan Jasa Start Up

Tips Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan Jasa Start Up

Dalam sebuah perusahaan jasa, ketepatan manajemen pemasaran sangat diperlukan dalam membantu kegiatan branding produk maupun pencapaian keuntungan penjualan. Berikut adalah beberapa Tips Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan Jasa Start Up.

Tips Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan Jasa Start Up

Tips Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan Jasa Start Up

Penentuan target pelanggan

Penentuan target pelanggan

Penentuan target pelanggan

Pada saat Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan membawahi beberapa karyawan, tentukan terlebih dahulu target pelanggan yang dituju sesuai produk yang dijual. Misalnya saja saat Anda memiliki perusahaan yang bergerak di jasa umroh dan haji, tetapkan sasaran pelanggan utama yang umumnya berada di usia 40-60 tahun, baru kemudian menetapkan pelanggan sekunder yang mungkin memanfaatkan jasa Anda.

Promosi yang sesuai

Promosi yang sesuai

Promosi yang sesuai

Untuk mempercepat kegiatan branding (pengenalan produk oleh konsumen), lakukan kegiatan promosi yang sesuai namun tidak terkesan memaksakan kehendak. Untuk kegiatan promosi, tetapkan terlebih dahulu upaya yang ingin dilakukan terkait beberapa hal berikut ini.

  1. Jenis kegiatan promosi yang akan dilakukan sesuai dengan dana yang tersedia, karena masing-masing usaha umumnya melakukan kegiatan promosi yang berbeda.
  2. Lama waktu promosi yang dibutuhkan pemilik usaha, terutama ketika Anda sebagai pemilik usaha ingin melakukan kegiatan promosi yang sifatnya insidental dan temporer.
  3. Partner kerja atau perusahaan lain yang Anda ajak kerjasama untuk melakukan kegiatan promosi. Dalam hal ini Anda perlu memastikan apakah kegiatan kerjasama dengan perusahaan iklan yang bersangkutan akan membawa hasil yang cukup signifikan atau tidak.
  4. Media yang Anda gunakan untuk promosi secara pribadi. Misalnya saja Anda menggunakan media sosial untuk pemasaran produk pada kenalan Anda yang diharapkan menyebarluas secara virtual.

Setelah melakukan pertimbangan akan hal-hal diatas, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan menggelar bazar potongan harga (jasa konveksi maupun jasa tiket), voucher gratis (jasa kuliner), maupun promosi lain yang mampu menciptakan pelanggan setia untuk produk Anda.

Pemilihan lokasi kantor yang strategis

Pemilihan lokasi kantor yang strategis

Pemilihan lokasi kantor yang strategis

Terkadang perusahaan start up atau perusahaan baru yang bergerak di bidang jasa akan sulit dipercaya konsumen ketika perusahaan yang bersangkutan tidak memiliki kantor operasional tetap. Oleh karena itu, pada saat Anda berperan sebagai pemilik usaha dan ingin mengembangkan jasa yang diberikan, pilih lokasi kantor yang strategis. Pemilihan lokasi yang tepat (dekat pemukiman, perkantoran, area parkir luas, dan lainnya) secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata konsumen.

Kalkulasi modal dan pengawasan

Kalkulasi modal dan pengawasan

Kalkulasi modal dan pengawasan

Ketika Anda ingin menjalankan operasional perusahaan start up dan mengembangkannya, jangan lupa untuk selalu mengkalkulasi modal yang tersedia dan lakukan pembukuan bertahap untuk mengetahui aliran dana. Jika Anda bukan orang yang paham tentang laporan keuangan, gunakan jasa akuntan yang paham betul masalah keuangan dan lakukan pengawasan menyeluruh tentang laporan keuangan yang masuk. Setiap akhir tahun, Anda juga perlu membuat proyeksi keuangan untuk tahun berikutnya yang dikonsulasikan dengan pihak terkait. Dengan demikian, alur dana maupun pembukuaan keuangan yang Anda inginkan bisa berjalan dengan baik.

Perluas link marketing

Perluas link marketing

Perluas link marketing

Ketika Anda memiliki usaha di bidang jasa, pastikan manajemen pemasaran yang Anda lakukan juga berhubungan dengan link marketing. Link yang dimaksud adalah hubungan yang bersangkutan dengan perusahaan lain dalam rangka menunjang operasional perusahaan. Misalnya saja, Anda mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kuliner, link bisa dibangun bersama perusahaan penyalur bahan makanan segar, lembaga pembiayaan keuangan (untuk masalah modal), maupun jasa courier untuk pengantaran produk. Dengan penerapan manajemen pemasaran terkait hal-hal diatas, secara tidak langsung perusahaan yang Anda rintis akan mampu berkembang dengan baik.

kunjungi artikel lain yang berhubungan dengan business

Strategy business untuk perusahaan kecil

Media Sosial Potensi untuk promosi business

Kunci dari kesuksesan

Cara gampang bekerja di rumah

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: