Vihara Buddhagaya Watugong di kota Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong di kota Semarang

Artikel Wisata kali ini akan membahas sedikit informasi mengenai Vihara Buddhagaya Watugong di kota Semarang. Vihara Buddhagaya Watugong bukan lah Lokasi tourist yang populer akan tetapi memiliki keunikan tersendiri seperti pohon bodhi yang cukup tua dan nuansa alam yang tenang, terdapat Monastery dan perpustakaan beserta bangunan Pagoda yang memiliki patung Guan Yin (Kwan Im) yang besar di dalamanya. Disini juga terdapat kerajinan tangan yang di perjualan kan untuk pengunjung seperti ukiran, lilin, dupa dan sebagainnya. Info tambahan buat para pengunjung jangan lah membawa anak kecil dan membuat keributan karena di sini rata-rata para pengunjung membutuhkan ketenangan.

Vihara Buddhagaya Watugong di kota Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong di kota Semarang

Dari Kota Semarang anda dapat mencapai Vihara Buddhagaya dengan perjalanan selama 45 menit dengan mengunakan kendaraan mobil ke arah Ungaran, atau jalan menuju Solo – Johgja. Karena letaknya yang berada di pinggir jalan besar dan tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong. Vihara Buddhagaya dapat diakses denan mudah. Kawasan ini dinamakan Watugong karena di daerah tersebut ditemukan Batu (Watu) yang bentuk nya seperti Gong.

Alamat Lengkap :

Jl Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265

Enterance Fee :

Gratis / Free

Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong memiliki luas 2,25 Hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama dengan 2 bangunana Utama, Yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang di bangun pada tahun 1955. Selain itu, dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat pula Monumen Watugong, Patung Dewi Kwan Im. Patung Buddha tidur yang berwarna Coklat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas di sebelah kiri Pagoda. Serta Kolam teratai di sekitar Pagoda di tambah Pohon Bodhi (Ficus Religiosa) yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya ini menghiasi lokasi tersebut. Pohon Bodhi ini di tanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

 Icon Vihara Buddhagaya Watugong


Icon Vihara Buddhagaya Watugong

Ikon paling terkenal dari vihara Buddhagaya ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti Pagoda cinta dan kasih sayang. Padoga ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya oleh umat Buddha sebagai Dewi Kasih sayang. Pagoda Avalokitesvara mempunyai ketinggian yakni 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat yang semakin ke atas semakin menyempit atau mengkerucut. Ini melambangkan tujuh tingkat kesucian yang akan di capai oleh pertapa, setelah mencapai tingkat ke tujuh. Pagoda Avalokitesvara ini identik dengan perpaduan warna merah dan kuning khas bangunan Tiongkok. Bangunan ini diresmikan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia pada tahun 2006.

Mari kita tonton Video mengenai Vihara Buddhagaya Watugong – Semarang

Sumber video dari youtube credit untuk Eksapedia

Sekian info artikel kali ini semoga bermanfaat

Please Share This Artikel

Thank You

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: