Wajib Cicipi 3 Kuliner di Padang yang Autentik Selain Rendang

Wajib Cicipi 3 Kuliner di Padang yang Autentik Selain Rendang

nasi padang

Authentic Nasi padang

Padang merupakan sebuah lokasi yang sangat indah. Padang juga kental dengan sejarah cerita mengenai Malin Kundang. Selain itu, ciri khas lainnya yang bisa kita ingat mengenai daerah ini adalah jam gadangnya. Lalu apakah masih ada yang kita ingat? Ya tentu saja, dan itu adalah kuliner khasnya, termasuk dengan rendang yang jadi makanan terfavorit di dunia. ternyata kita Wajib Cicipi 3 Kuliner di Padang yang Autentik Selain Rendang.

Kuliner Padang memiliki ciri khas yang tidak ditemui di daerah lainnya. Ciri khas tersebut terletak pada penggunaan bumbu rempahnya yang cukup kuat. Selain itu, kuliner Padang pun cukup dikenal karena kandungan lemaknya yang cukup banyak. Yang paling pasti adalah rasanya yang sangat juara.

Nah jika kebetulan sedang ada di Padang, ada baiknya kita mencicipi kuliner selain rendang. Berikut ini ulasannya.

  1. Nasi Kapau
nasi kapau

Kapau Rice, Padang

Apa itu nasi kapau? Nasi kapau sendiri memiliki nama yang diambil dari daerah asalnya, yakni Kapau yang ada di Sumatera Barat. Sekilas ada kemiripan antara nasi kapau dengan nasi Padang pada umumnya. Di dalamnya ada penggunaan santan dan juga sambal yang cukup kental. Namun yang menjadi ciri khasnya dan pembeda dengan nasi Padang adalah penggunaan gulai nangkanya.

Untuk mencicipi nasi kapau yang autentik, kita bisa mendatang salah satu lokasi, tepatnya di Los Pasar Atas, Bukittinggi. Di sana kita bisa mendatangi warung makan Uni Lis. Dijamin lidah akan langsung terasa nikmat.

source video from youtube credit to Official NET News

  1. Ayam Populer
ayam pop, ayam popular

Ayam popular, Padang

Ayam populer atau lebih dikenal dengan sebutan ayam pop tentunya tidak ada hubungan dengan musik pop. Ayam pop sendiri masuk ke dalam jenis kuliner autentik yang berasal dari Padang, tepatnya Bukittinggi. Kuliner ini menggunakan bahan utama ayam, yang dipotong bagian per bagian. Penampilannya pun tidak terlihat seperti kuliner yang enak.

Namun kita akan salah persepsi jika telah mencicipinya. Di balik penampilannya yang tidak menarik dan polo situ, terdapat sejuta kenikmatan dengan rasa yang gurih. Ayam pop dalam proses memasaknya direbus dengan santan kelapa. Makan ayam pop akan sangat tepat jika disandingkan dengan sambal balado merah. Untuk mencicipi rasa yang khasnya, silakan saja mendatangi rumah makan Family Benteng, Bukittinggi.

source video from youtube credit to RESEP WARISAN

  1. Teh Talua
teh talua

Talua Tea

Mengaku penggemar teh, rasanya harus mencicipi teh yang satu ini. Namanya adalah teh talua, yang dalam bahasa Minang memiliki arti telur. Memang tidak salah karena teh ini dicampur dengan telur yang dikocok. Pasti rasanya amis? Jangan khawatir karena rasa amis telur itu akan langsung hilang begitu kita meneguknya.

Teh talua ini menjadi salah satu minuman khas daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Minuman yang biasa disajikan di warung-warung sederhana ini digandrungi banyak orang. Telur yang dimasukkan ke dalam campuran teh ini adalah bagian kuningnya. Nantinya akan dipadukan dengan sedikit gula pasir dan susu kental, kemudian disiram dengan air yang masih mendidih.

Hasil akhirnya teh talua ini akan mengental. Dengan begitu, ketika dibalikkan dalam gelas pun tidak akan tumpah. Teh ini ketika disajikan akan memiliki empat lapis warna, yakni putih, cokelat tua, cokelat muda, dan putih dengan buih di bagian atasnya. Dari telur yang digunakan pun bisa memilihnya, antara telur ayam kampung, negeri, hingga telur bebek.

Kita bisa mencicipinya dengan datang ke kedai Mak Etek, yang ada di jalan Raya Padang – Indarung.

Ternyata selain rendang, kuliner di Padang ini begitu banyak. Dan yang pasti, semuanya autentik dengan kekhasan yang tidak mungkin dilewatkan.

source video from youtube credit to Masak.TV

Leave a Reply

watsup 081319253387Daftar Free Member
%d bloggers like this: